RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 29
Kelas/Semester : XII / 2
Mata Pelajaran : Fisika
Standar Kompetensi :
4. Menerapkan konsep kelistrikan (baik statis maupun dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi.
Kompetensi Dasar :
4.1 . Menerapkan induksi magnetik,
Indikator :
· Memformulasikan induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik (hukum Biot Savart).
· Memformulasikan hukum Ampere.
· Mengaplikasikan
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
Pertemuan Pertama
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Melakukan percobaan untuk mengamati
2. Menurunkan rumus dari hukum ampere.
3. Menganalisis dan menerapkan induksi magnetik dalam kehidupan sehari-hari
B. Materi Pembelajaran
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direc Intruction (DI)
- Kooperatif Learning
2. Metode : - Diskusi Kelompok
- Eksperimen
D. Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apresiasi
Ø Menurut kalian, apakah arus listrik dapat menimbulkan
· Prasyarat Pengetahuan
Ø Apakah satuan arus listrik menurut SI?
· Pra Eksperimen
Ø Berahti-hatilah menggunakan peralatan yang berarus listrik.
2. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta disik dalam pembentukan kelompok.
· Secara kelompok peserta didik mendiskusikan
· Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar.
· Setiap kelompok diberikan panduan pelaksanaan percobaan dan guru menjelaskan prasyarat percobaan.
· Setiap kelompok mempersiapkan peralatan percobaan diantaranya batang logam, kawat penghantar, baterai, papan lunak. .
· Peserta didik mengamati dan menuliskan hasil pengamatan.
3. Kegiatan Penutup
· Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok.
· Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar.
· Guru memberikan postest untk mengetahui daya serap materi yang barusaja dipelajari.
· Guru memeberikan tugas rumah, sebagai pengulangan materi yang telah dipelajari.
E. Sumber Belajar
1. Buku FISIKA, Grasindo hal 132 - 155
2. LKS
3. Alat-alat Paraktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Tekhnik penilaian:
· Tes tertulis
· Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen:
· Isian
· Uji petik kerja prosedur dan produk
3. Contoh Instrumen:
· Instrumen tes isian:
Dua buah kawat penghantar lurus sejajar dialiri arus listrik dialiri arus listrik seperti tampak pada gambar. Tentukanlah letak titik P yang induksi magnetnya sama dengan nol !
Kunci : 2 cm dari kawat I1 dan 4 cm dari kawat I2.
Skor = 3
· Uji petik kerja prosedur dan produk:
Lakukan percobaan pengujian bahwa dari arus listrik dapat menimbulkan
batang logam, kawat penghantar, baterai, papan lunak
Rubrik
No | Aspek | Skor |
1 | Melakukan percobaan dengan prosedur yang benar | 5 |
2 | Memperoleh data dari percobaan | 3 |
3 | Membuat kesimpulan dengan benar | 2 |
| Jumlah Skor | 10 |
Mengetahui,
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
……………………… ……………………...
NIP. NIP.
SILABUS
Nama Sekolah : SMAN 29
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 4. Menerapkan konsep kelistrikan (baik statis maupun dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaianmasalah dan berbagai produk teknologi.
Kompetensi Dasar
4.1.Menerapkan induksi magnetik,
4.2.Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik, keterkaitannya serta aplikasinya.
Materi Pokok dan Uraian materi
·
· Hukum Biot Savart dan hukum Ampere
· Aplikasi hukum Biot Savart dan Hukum Ampere
Induksi Elektromagnetik
· Pengertian Induksi Elektomagnetik.
· Aplikasi Induksi Elektromagnetik
· Induksi silang (Induktansi Timbal balik)
Kegiatan Pembelajaran
· Melakukan percobaan dan pengamatan bahwa di sekitar arus listrik ada
· Menurunkan rumus dari hukum ampere.
· Menganalisis dan menerapkan induksi magnetik dalam kehidupan sehari-hari
· Menciptakan konsep apa yang dimaksud dengan induksi elektromagnetik.
· Melakukan percobaan dan pengamatan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.
· Melakukan pengukuran tegangan bolak-balik.
Indikator
· Memformulasikan induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik (hukum Biot Savart).
· Memformulasikan hukum Ampere.
· Mengaplikasikan
· Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik Faraday.
· Mengaplikasikan konsep induksi elektromagnetik Faraday pada persoalan fisika sehari-hari seperti generator listrik, dan transformator.
· Memformulasikan arus dan tegangan bolak-balik serta parameter-parameternya.
Penilaian
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis.
Penugasan, tes tertulis . Penilaian kinerja (sikap dan praktik)
Alokasi Waktu
4 Jam
Sumber/ Bahan/ Alat
Sumber: Buku Paket
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: batang logam, kawat penghantar, baterai, papan lunak
Sumber: Buku Paket
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: kumparan kawat berarus listrik, generator, transformator.
No comments:
Post a Comment